Setiap Kita adalah Pahlawan | Dr. Ridhol Wahidi, MA

0
202
views

ISNUINHIL.org, OPINI – Secara sederhana istilah pahlawan adalah siapa saja yang dapat memberi kontribusi bagi diri sendiri, orang lain, dan masyarakat sekitar yang asas manfaatnya dapat dirasakan secara berkesinambungan. Siapa saja boleh sependapat dengan pengertian ini ataupun sebaliknya. Karena secara kasat mata dapat kita lihat dan rasakan manfaat atas jasa-jasa para pendahulu (pahlawan) bagi kehidupan sekarang dan masa mendatang walaupun tidak 100 % mencakup ke semua lini kehidupan. Sementara perjuangan mereka belum usai. Kita sebagai penerus generasi berkewajiban melanjutkan cita-cita suci mereka sebagaimana yang tertera dalam pembukaan undang-undang dasar kemerdekaan Indonesia.

Menjadi seorang pahlawan tidak semudah membalik tangan, kita ingat uacapan bung Karno, “aku tidak sulit mengusir penjajah namun engkau akan sulit karena melawan dirimu (negeri) sendiri”. Ungkapan ini sangat sederhana namun memiliki makna mendalam. Apa yang beliau ucapkan sesuai dengan realita yang ada. Kita sulit menjadi pahlawan bagi diri sendiri, bagi orang lain dan masyarakat sekitar. Seringkali diantara kita masih suka mementingkan urusan pribadi daripada kepentingan orang lain atau setidaknya bermanfaat bagi dirinya terlebih dahulu baru kepentingan orang lain.

Setiap kita adalah pahlawan bagi dirinya sendiri. Itulah kalimat yang pantas kita tancapkan dalam sanubari. Karena jika mampu menjadi pahlawan bagi diri sendiri maka secara otomatis ia akan rela berkorban demi keuntungan dirinya sendiri.

Sedikit kita menoleh kebelakang. Jutaan sperma juga berjuang bersama sperma lain untuk menjadi terbaik, akhirnya sperma yang terbaiklah, yang akan menjadi yang spesial. Yakni, menjadi manusia yang terbaik (pahlawan).

Olehkarenanya, pahlawan sejati adalah yang mampu memberikan kontribusi bagi dirinya sendiri, orang lain, dan semua manusia secara umum tanpa membedakan status, agama, ras, dan kedudukan mereka. Mari kita perahankan negeri ini dengan gotong royong demi terciptanya bangsa baldatun tayyibatun wa rabbun ghafur. Wa Allahu A’lam bi Ash-Showab.  *SelamatHariPahlawan#

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here