Geliat Literasi Memajukan Pendidikan | Fahrina yustiasari liriwati

0
213
views

ISNUINHIL, org. OPINI – Pendidikan dan literasi adalah dua hal yang sangat penting dalam kehidupan. Produk dari aktivitas literasi adalah tulisan. Tulisan merupakan bentuk rekaman sejarah yang dapat diwariskan dari generasi ke generasi, bahkan hingga berabad-abad lamanya. Maju atau tidaknya sebuah peradaban sebuah negara dapat dilihat dari tingkat literasi dinegara tersebut. Sebuah karya tulis merupakan bukti rekam jejak sejarah peradaban manusia baik berupa peristiwa, pengalaman, pengetahuan, pemikiran dan ilmu pengetahuan. Tulisan dapat menembus dan menelusuri lorong-lorong ruang dan waktu dimasa lampau.

Dalam sejarah peradaban Islam, kita dapat melihat bagaimana literasi Islam melahirkan tulisan-tulisan para pemikir dan ulama Islam klasik yang sudah berumur ratusan tahun sampai saat ini masih eksis dipelajari diberbagai lembaga pendidikan Islam, khususnya pesantren. Kitab-kitab yang ditulis para ulama dan intelektual muslim era klasik merupakan sebuah warisan intelektual yang sangat berharga bagi pengembangan khazanah intelektual Islam dari generasi ke generasi.

Peradaban kita saat ini bisa dikatakan sebagai peradaban tulisan atau peradaban teks, terbukti dari banjirnya informasi yang kita terima setiap hari dari berbagai media cetak maupun elektronik, sebagia besar berbentuk teks atau tulisan. Singkat kata, tulisan telah mengisi seluruh ruang kehidupan manusia modern diera globalisasi saat ini.

Dalam dunia pendidikan, tulisan adalah hal yg tak terpisahkan dan mutlak diperlukan. Buku2 pelajaran maupun buku bacaan merupakan sarana belajar utama bagi para siswa dan praktisi pendidikan mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Tanpa tulisan dan membaca, proses transformasi ilmu pengetahuan tidak akan bisa berjalan. Hal ini menunjukkan betapa urgennya tulisan, membaca dan menulis. Oleh karena itu kita harus terus mendorong dan membimbing para generasi muda untuk membudayakan kegiatan literasi yang dimulai dari lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

#Menulislah karena tulisanmu kelak menjadikan namamu kekal dalam keabadian#

___________________________________

Fahrina yustiasari liriwati, Candidat doktor UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi, Dosen STAI Auliaurrasyidin Tembilahan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here